Text
IMPLEMENTASI METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) SEBAGAI STRATEGI BERSAING DI SMK BUDI KARYA NATAR
Kualitas pelayanan yang diberikan pada siswa jurusan teknik permesinan SMK Budi Karya Natar dengan menggunakan metode importance performance analysis (IPA) untuk kualitas pelayanan guru ada 3 atribut yang harus dipertahankan yaitu reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap) dan assurance (jaminan). Untuk pelayanan administrasi sekolah berdasarkan pembahasan memiliki 5 atribut dan 10 Item layanan atau lebih dari 90% item layanan yang perlu dipertahankan SMK Budi Karya Natar untuk Kualitas Pelayanannya.
Atribut – atribut pelayanan yang dianggap penting oleh siswa untuk kualitas pelayanan guru adalah kemampuan mengelola kelas (kedisiplinan), kecepatan dalam menanggapi masalah pembelajaran siswa, sikap guru ketika didalam dan diluar kelas. Sedangkan kualitas pelayanan administrasi sekolah adalah kemampuan dalam memberikan pelayanan, kemampuan berbahasa dan ketepatan layanan, pengetahuan karyawan tentang informasi yang dibutuhkan siswa, kesediaan karyawan membantu siswa, kecepatan dalam menangani masalah atau keluhan siswa, sikap karyawan dalam melayani siswa, kerahasiaan, perhatian karyawan pada siswa, kelengkapan sarana dan prasarana untuk menunjang pelayanan administrasi sekolah, penampilan karyawan.
Usulan prioritas tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan siswa pada jurusan teknik permesinan untuk kualitas pelayanan guru adalah pada dimensi reliability (kehandalan) nomor atribut 4, 5, 6 dan 9. Sedangkan untuk kualitas pelayanan administrasi sekolah adalah Dimensi Reliability (kehandalan) nomor atribut 4 dan 6, serta dimensi Responsiveness (daya tanggap) nomor atribut 13.
Kata Kunci : metode IPA, layanan, siswa
No copy data
No other version available