Text
ANALISIS PELAYANAN TERHADAP KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) PADA PT. PUTERA RACKINDO SEJAHTERA JAKARTA
PT. Putera Rackindo Sejahtera adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri jasa yakni memberikan jasa layanan kebersihan berbagai instansi seperti bank, perkantoran, rumah sakit dan sebagainya. Dalam memberikan jasa layanannya PT. Putera Rackindo Sejahtera harus memberikan pelayanan yang terbaik dan tidak pernah berhenti untuk melakukan perbaikan terus-menerus baik melalui masukan dari pengguna jasa maupun evaluasi internal yang dilakukan perusahaan.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pelayanan yang diberikan dan melakukan perbaikan pelayanan yang harus dilakukan PT. Putera Rackindo Sejahtera Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan melakukan wawancara dan angket yang kemudian dianalisa menggunakan metode Service Quality (Servqual). Metode Service Quality dalam bentuk atribut-atribut sesuai dengan kualitas jasa yang diamati untuk menilai kualitas jasa yang telah diberikan PT. Putera Rackindo Sejahtera Jakarta kepada konsumennya.
Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan PT. Putera Rackindo Sejahtera Jakarta dengan nilai t hitung = 25,323 > dari t tabel = 2,045 dengan tingkat kesalahan (α) = 5%, yang artinya uji hipotesis nol (Ho) ditolak dan uji hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil perhitungan nilai koefisien korelasi sebesar 0,979 memberi kesimpulan bahwa kualitas pelayanan PT. Putera Rackindo Sejahtera Jakarta dipengaruhi oleh kepuasan konsumen 98% dan besarnya nilai koefesiensi determinasi sebesar 0,958 menunjukan bahwa hubungan antara variabel kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen dalam hubungan yang sangat kuat (korelasi sangat kuat). Persentase pencapaian kualitas pelayanan dalam kepuasan konsumen diperoleh nilai 61% dan nilai tersebut memberi kesimpulan bahwa pencapaian pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam kategori cukup baik.
Kata Kunci : service quality, konsumen, kepuasan, layanan
No copy data
No other version available