Text
PENERAPAN MODEL ANTRIAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN DI PT. SUMBER INDAH PERKASA
Banyak antrian disaat penerimaan bahan baku kelapa sawit menyebabkan para supir merasa tidak nyaman sehingga dibutuhkan suatu sistem antrian atau model untuk menangani masalah antrian. Suatu proses antrian adalah suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan seorang pelanggan pada suatu fasilitas pelayanan, kemudian menunggu dalam suatu baris (antrian) jika semua pelayanannya sibuk, dan akhirnya meninggalkan fasilitas tersebut, sehingga dapat menyebabkan pelayanan yang tidak efektif.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kasus adalah penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap objek suatu organisme, lembaga atau gejala – gejala tertentu yang diteliti. Adapun kasus yang dibahas mengenai kebijakan system antrian kendaraan pengangkut kelapa sawit untuk kelancaran proses produksi pada PT. Sumber Indah Perkasa. Data diambil secara langsung pada sistem antrian yang ada pada Kendaraan pengangkut kelapa sawit yang masuk ke perusahaan dari jam 08.00 – 12.00 WIB selama 3 hari yaitu pada tanggal 3 sampai 5 September 2019.
Analisis model antrian yang cocok untuk sistem antrian yang digunakan pada PT. Sumber Indah Perkasa adalah model Multi Channel – Single Phase. Dari hasil penelitian menunjukkan nilai dari rata-rata truk pengangkut sawit dalam antrian (????????) adalah 0.0350, sedangkan jumlah rata-rata truk pengangkut sawit dalam sistem (????????) adalah,0.0175. Adapun waktu menunggu rata-rata truk pengangkut sawit dalam antrian (????????) adalah 1,05 menit dan waktu menunggu rata-rata truk pengangkut sawit dalam sistem (????????) adalah 0,5 menit. Jadi, Sistem antrian pada PT. Sumber Indah Perkasa dapat dikatakan optimal.
Kata Kunci : antrian, kelapa sawit, waktu menunggu
No copy data
No other version available